RSS

Rela Operasi Mahal untuk Menambah Tinggi Badan

04 May
Rela Operasi Mahal untuk Menambah Tinggi Badan

London, Memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek dibanding orang lain kadang bisa membuat orang tidak percaya diri. Seorang pria di Inggris rela melakukan operasi mahal agar tinggi badannya bisa bertambah.

Chris Johnson (25 tahun) seringkali dipanggil pendek karena memiliki tinggi badan 2 inchi (5 cm) lebih pendek dari rata-rata tinggi seorang pria di Inggris. Kondisi ini membuatnya tidak percaya diri tapi juga merasa tidak nyaman jika harus menggunakan sepatu yang memiliki tambahan di bagian bawahnya.

Namun 2 tahun lalu ia menemukan adanya bedah kosmetik yang bisa membuat kakinya lebih panjang serta memberinya tambahan tinggi badan seperti keinginannya. Ia pun menabung agar bisa melakukan operasi seharga 34.000 pound sterling atau setara dengan Rp 479.400.000 (1 pound sterling = Rp 14.100).

Hingga akhirnya dokter bedah melakukan operasi yang kompleks dan menyakitkan pada September 2010 untuk membuat tinggi badannya bertambah 2,5 inchi (6,35 cm). Dan ia pun bisa kembali berjalan secara normal pada Maret 2011.
“Saya tahu apa yang akan saya lakukan, dan sekarang saya tidak khawatir lagi dengan tinggi badan yang saya dimiliki,” ujar Chris, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (2/1/2012).

Operasi kontroversial ini dilakukan oleh Dr Jean-Marc Guichet (50 tahun) di kliniknya di Marseilles. Biasanya operasi ini dilakukan pada orang dengan kondisi kaki yang tidak simetris (satu kaki lebih panjang dari kaki yang lain) atau untuk memperbaiki kondisi dwarfisme.

“Permintan terhadap operasi ini sudah 3 kali lipat lebih banyak dalam 10 tahun terakhir, tapi saya hanya mau melakukannya jika saya yakin pasien benar-benar menginginkannya,” ujar Dr Guichet.

Hal ini karena membantu pasien untuk melakukan pemulihan secara lengkap dan mendapatkan semua fungsinya secara normal. Biasanya pasien harus mempersiapkan fisiknya sehingga bugar dan sehat serta memiliki tulang dan otot di kaki yang kuat.

“Sebenarnya postur tubuh pendek tidak masalah, tapi beberapa diantaranya menjadi tidak percaya diri sehingga mempengaruhi kehidupannya. Saya pecaya operasi ini aman dan nantinya bisa diterima seperti operasi pembesaran payudara,” ungkapnya.

Operasi ini berlangsung 4-6 jam dan bisa menambah tinggi badan maksimal 4 inchi (10,16 cm) dalam satu operasi tunggal, tapi rata-rata hanya menambah 2,5 inci. Selaam operasi lubang di bor melalui pusat tulang paha bagian atas lalu telescopic stainless-steel rod dimasukkan secara vertikal ke saluran bor di tulang kaki tadi.

Nantinya kaki akan diperpanjang dan dalam 2 bulan kaki tumbuh sekitar 2,5 inchi. Pasien mungkin akan merasa tidaknyaman dan sakit setelah operasi karena adanya renovasi dari otot dan tendon, lalu minimal setelah 4 bulan ia bisa berjalan normal.

Chris menuturkan ia butuh waktu 2 minggu untuk menemukan posisi yang sempurna dan merasakan sedikit sakit. Namun kini ia sudah bisa berjalan secara normal dengan melakukan latihan berjalan selama 1 jam setiap harinya.

 
Leave a comment

Posted by on May 4, 2012 in Artikel

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: